Abstract:
Latar Belakang : Indonesia kini menjadi negara terbesar di dunia menghadapi beban ganda yang
berat di malnutrisi yaitu status gizi dengan kekurangan dan kelebihan gizi. Gizi merupakan unsur
penting bagi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dapat meningkatkan
kemampuan intelektual dan kemampuan otak juga dapat meningkatkan pertumbuhan jasmani dan
perkembangan rohani siswa. Gizi yang baik sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan
kecerdasan siswa dalam menyerap dan menyerap pelajaran yang diperoleh di sekolah. Prestasi
belajar merupakan hasil pengukuran siswa yang meliputi faktor kognitif, efektif dan psikomotorik
setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes atau
instrumen yang relevan. Terganggunya perkembangan otak tentu sangat mempengaruhi kemampuan
prestasi Belajar di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif. Dampak lebih
jauhnya dapat mempengaruhi masa depan anak, di mana anak akan sulit mendapatkan pekerjaan
ketika dewasa.
Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa di SD Islam
Cikiwul Tahun 2024.
Metode Penelitian : Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian
analitik cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa - siswi kelas 2,3,4,5,dan 6 SD
Islam Cikiwul Tahun 2024berjumlah 139 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan
jenis stratified random sampling.
Hasil Penelitian : Didapatkan bahwa dengan tingkat signifikan 95% atau α 5% (0,05) hasil uji
statistik menggunakan uji chi-square diperoleh nilai p value 0,031 lebih kecil dibandingkan nilai
signifikansi 5% (0,031 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak.
Kesimpulan : Terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasardi SD Islam
Cikiwul Tahun 2024