STIKes Medistra Indonesia

e-Repository

HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI SD ISLAM CIKIWUL TAHUN 2024

Show simple item record

dc.contributor.author SUBAGIO, RAFIFAH FIKRIYANA NABILA
dc.date.accessioned 2024-12-04T06:59:02Z
dc.date.available 2024-12-04T06:59:02Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://e-repository.stikesmedistra-indonesia.ac.id/xmlui/handle/123456789/2583
dc.description SKRIPSI S1 KEPERAWATAN en_US
dc.description.abstract Latar Belakang : Indonesia kini menjadi negara terbesar di dunia menghadapi beban ganda yang berat di malnutrisi yaitu status gizi dengan kekurangan dan kelebihan gizi. Gizi merupakan unsur penting bagi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran di sekolah dapat meningkatkan kemampuan intelektual dan kemampuan otak juga dapat meningkatkan pertumbuhan jasmani dan perkembangan rohani siswa. Gizi yang baik sangat mempengaruhi tingkat konsentrasi dan kecerdasan siswa dalam menyerap dan menyerap pelajaran yang diperoleh di sekolah. Prestasi belajar merupakan hasil pengukuran siswa yang meliputi faktor kognitif, efektif dan psikomotorik setelah mengikuti proses pembelajaran yang diukur dengan menggunakan instrumen tes atau instrumen yang relevan. Terganggunya perkembangan otak tentu sangat mempengaruhi kemampuan prestasi Belajar di sekolah, produktivitas dan kreativitas di usia-usia produktif. Dampak lebih jauhnya dapat mempengaruhi masa depan anak, di mana anak akan sulit mendapatkan pekerjaan ketika dewasa. Tujuan Penelitian : Mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa di SD Islam Cikiwul Tahun 2024. Metode Penelitian : Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian analitik cross sectional. Populasi pada penelitian ini adalah siswa - siswi kelas 2,3,4,5,dan 6 SD Islam Cikiwul Tahun 2024berjumlah 139 orang. Teknik pengambilan data dengan menggunakan jenis stratified random sampling. Hasil Penelitian : Didapatkan bahwa dengan tingkat signifikan 95% atau α 5% (0,05) hasil uji statistik menggunakan uji chi-square diperoleh nilai p value 0,031 lebih kecil dibandingkan nilai signifikansi 5% (0,031 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa H0 ditolak. Kesimpulan : Terdapat hubungan status gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasardi SD Islam Cikiwul Tahun 2024 en_US
dc.publisher STIKes Medistra Indonesia en_US
dc.subject Status Gizi en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.subject Anak en_US
dc.subject Sekolah Dasar en_US
dc.title HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DI SD ISLAM CIKIWUL TAHUN 2024 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account