Abstract:
Latar Belakang : Perkembangan teknologi semakin berkembang dengan pesat sesuai
dengan perkembangan zaman. Teknologi muncul berbagai macam jenis dan fitur dari
teknologi selalu baru dari hari ke hari. Kebutuhan teknologi merupakan salah satu kebutuhan
penting saat ini. Hal ini disebabkan karenateknologi sangat dibutuhkan untuk keperluan
sehari-hari, salah satu dari perkembangan teknologi adalah gadget. Kebanyakan anak
memakai gadget untuk bermain, 23% orang tua yang mempunyai anak usia Pra sekolah
mengatakan jika anak mereka suka bermain gadget, sedangkan 82% orang tua
menyampaikan jika mereka online setidaknya sekali dalam satu minggu. Dari data yang
tersebar dari berbagai sumber ternyata penggunaan gadget memiliki dampak positif dan
negatif, salah satu dampak positif yang didapat adalah mempermudah mendapat informasi.
Tetapi tidak menutup kemungkinan munculnya dampak negative, jika penggunaan gadget
oleh anak secara terus-menerus dikwatirkan dapat berdampak pada proses interaksi sosial
anak yang dimana anak-anak seharusnya berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar
namun karena adanya gadget interaksisosial anak akan berkurang hal ini dikarenakan anak
akan memfokuskan diri saat sedang menggunakan gadget.
Tujuan : Untuk menganalisis hubungan lama penggunaan gadget dengan kemampuan
interaksi sosial anak usia pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus Sa’adah Rengasdengklok
Karawang Tahun 2023.
Metode : Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain dalam
penelitian ini menggunakan survey analitik dengan rancangan penelitian Cross Sectional.
Populasi penelitian ini yaitu anak usia 3 – 6 tahun diwilayah Kabupaten Karawang Tahun
2023. Sampel pada penelitian ini adalah 75 orang anak usia 3 – 6tahun di TK Manhajus
Sa’adah kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, dengan menggunakan teknik
total sampling.
Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa lama penggunaan gadget pada
anak pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus Sa’adah Rengasdengklok Karawang Tahun
2023 menunjukan bahwa mayoritas dalam kategori lama sejumlah 28 responden (37.3%).
Kemampuan interaksi sosial anak pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus Sa’adah
Rengasdengklok Karawang Tahun 2023 menunjukan bahwa mayoritas dalam kategori baik
sejumlah 29 responden (38.7%). Hasil penelitian ini diperoleh dengan tingkat kepercayaan
95% dan nilai P-Value (0,000) < nilai α (0,05).
Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan lama penggunaan gadget
dengan kemampuan interaksi sosial anak usia pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus
Sa’adah Rengasdengklok Karawang Tahun 2023.