e-Repository
dc.contributor.author | SUKMA, YOLANDA | |
dc.date.accessioned | 2024-06-28T06:43:53Z | |
dc.date.available | 2024-06-28T06:43:53Z | |
dc.date.issued | 2024 | |
dc.identifier.uri | http://e-repository.stikesmedistra-indonesia.ac.id/xmlui/handle/123456789/2179 | |
dc.description | SKRIPSI S1 KEPERAWATAN | en_US |
dc.description.abstract | Latar Belakang : Perkembangan teknologi semakin berkembang dengan pesat sesuai dengan perkembangan zaman. Teknologi muncul berbagai macam jenis dan fitur dari teknologi selalu baru dari hari ke hari. Kebutuhan teknologi merupakan salah satu kebutuhan penting saat ini. Hal ini disebabkan karenateknologi sangat dibutuhkan untuk keperluan sehari-hari, salah satu dari perkembangan teknologi adalah gadget. Kebanyakan anak memakai gadget untuk bermain, 23% orang tua yang mempunyai anak usia Pra sekolah mengatakan jika anak mereka suka bermain gadget, sedangkan 82% orang tua menyampaikan jika mereka online setidaknya sekali dalam satu minggu. Dari data yang tersebar dari berbagai sumber ternyata penggunaan gadget memiliki dampak positif dan negatif, salah satu dampak positif yang didapat adalah mempermudah mendapat informasi. Tetapi tidak menutup kemungkinan munculnya dampak negative, jika penggunaan gadget oleh anak secara terus-menerus dikwatirkan dapat berdampak pada proses interaksi sosial anak yang dimana anak-anak seharusnya berinteraksi langsung dengan lingkungan sekitar namun karena adanya gadget interaksisosial anak akan berkurang hal ini dikarenakan anak akan memfokuskan diri saat sedang menggunakan gadget. Tujuan : Untuk menganalisis hubungan lama penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial anak usia pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus Sa’adah Rengasdengklok Karawang Tahun 2023. Metode : Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain dalam penelitian ini menggunakan survey analitik dengan rancangan penelitian Cross Sectional. Populasi penelitian ini yaitu anak usia 3 – 6 tahun diwilayah Kabupaten Karawang Tahun 2023. Sampel pada penelitian ini adalah 75 orang anak usia 3 – 6tahun di TK Manhajus Sa’adah kecamatan Rengasdengklok Kabupaten Karawang, dengan menggunakan teknik total sampling. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukan hasil bahwa lama penggunaan gadget pada anak pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus Sa’adah Rengasdengklok Karawang Tahun 2023 menunjukan bahwa mayoritas dalam kategori lama sejumlah 28 responden (37.3%). Kemampuan interaksi sosial anak pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus Sa’adah Rengasdengklok Karawang Tahun 2023 menunjukan bahwa mayoritas dalam kategori baik sejumlah 29 responden (38.7%). Hasil penelitian ini diperoleh dengan tingkat kepercayaan 95% dan nilai P-Value (0,000) < nilai α (0,05). Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan lama penggunaan gadget dengan kemampuan interaksi sosial anak usia pra sekolah (3-6 tahun) di TKQ Manhajus Sa’adah Rengasdengklok Karawang Tahun 2023. | en_US |
dc.publisher | STIKes Medistra Indonesia | en_US |
dc.subject | penggunaan gadget | en_US |
dc.subject | anak usia pra sekolah | en_US |
dc.subject | kemampuan interaksi sosial anak | en_US |
dc.title | HUBUNGAN LAMA PENGGUNAAN GADGET DENGAN KEMAMPUAN INTERAKSI SOSIAL ANAK USIA PRA SEKOLAH (3-6 TAHUN) DI TKQ MANHAJUS SA’ADAH RENGASDENGKLOK KARAWANG TAHUN 2023 | en_US |
dc.type | Other | en_US |