Abstract:
Latar Belakang: Stres belajar merupakan suatu permasalahan yang terjadi dan dirasakan
oleh kalangan siswa, Kondisi ketika siswa memberikan reaksi dalam bentuk perilaku atau
emosi yang bersifat negatif yang muncul akibat adanya tuntutan akademik atau segala
sesuatu yang berhubungan degan kegiatan belajar mengajar. Pengobatan stres belajar dapat
berupa farmakologi dan non farmakologi, adapun pengobatan secara non farmakologis
salah satunya yaitu akupresure. Tujuan penelitian: Mengetahui efektivitas akupresure
LR3 (Taichong) dan LI4 (Large Intestine) dalam mengurangi stres belajar pada siswa kelas
10 SMK Widya Nusantara Kota Bekasi 2024. Desain Penelitian: quasi eksperimental
dengan rancangan uji T -Dependen dengan (pre-post and post-test only group
design). Jumlah sampel 28 responden. Teknik pengambilan sampel dengan
purposive sampling dengan pendekatan rancangan Teknik analisis data menggunakan
analisis univariat dan analisis bivariat. Hasil Penelitian: hasil analisa bivariat dengan
menggunakan uji wilcoxon didapatkan hasil bahwa Efektivitas Akupresure LR3
dan Li4 Dalam Mengurangi Stres Belajar Pada Siswa Kelas 10 SMK Widya
Nusantara 2024 sebelum dan sesudah diberikan intrvensi dengan jumlah sampel 28
responden (n=28) nilai Zhitung -4,572 didapatkan nilai p-value 0,000 (p-value
<0.05). Kesimpulan: Terdapat efektifitas akupresure LR3 dan LI4 dalam menurunkan
stres belajar pada siswa kelas 10 SMK Widya Nusantara Kota Bekasi 2024.