Abstract:
Latar Belakang : Komunikasi antara perawat dan pasien memegang peranan penting dalam
proses pelayanan kesehatan kepada pasien maupun keluarganya. Dengan demikian mutu
pelayanan fasilitas kesehatan akan menurun ataupun meningkat tergantung dari komunikasi
terapeutik yang diterapkan begitupun kepuasan pasien akan meningkat. Penelitian ini bertujuan
untuk menganalisis penerapan komunikasi terapeutik dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan
di puskesmas muaragembong 2023.
Tujuan Penelitian : Menganalisis hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat
kepuasan pasien di ruang rawat jalan Puskesmas Muaragembong 2023.
Metode Penelitian : : Penelitian ini bersifat survey analitik dengan pendekatan Cross Sectional
Study dan teknik sampling dengan cara Simple Random Sampling. Sampel penelitian ini adalah
Pasien Rawat jalan di puskesmas muaragembong. Besar sampel dalam penelitian ini sebanyak 223
sampel. Peneliti menggunakan uji chi square untuk melihat hubungan dari kedua variabel dengan
nilai kepercayaan α 5%.
Hasil Penelitian : Diperoleh hasil teridentifikasi tenaga kesehatan menggunakan penerapan
komunikasi terapeutik penerapan baik dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan puas berjumlah
123 responden (55,2%), terdapat hasi uji chi square dengan tingkat signifikan 95% atau nilai α
5% (0,05) diperoleh p value (0,000) , nilai α (0,05) sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak artinya
ada Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kapuasan Pasien Rawat Jalan
Di Puskesmas Muaragembong Tahun 2023.
Kesimpulan : Ada Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik dengan Tingkat Kepuasan
Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Muaragembong Tahun 2023.