Abstract:
Latar Belakang : Perkembangan emosional adalah salah satu perkembangan yang harus ditangani
secara khusus, karena perkembangan emosional anak dapat dibina pada masa awal atau masa
pembentukan anak dimana pengenalan dan pengalaman anak sangatlah penting yang dapat
menetukan kepribadian diri anak setelah menjadi seorang dewasa. Perkembangan emosional di
dalam kehidupan anak dapat menentukan sikap, nilai dan perilaku anak di masa depan, semakin
kuat emosi dapat memberikan tekanan dan akan semakin kuat mengguncang keseimbangan tubuh
untuk melakukan aktivitas fisik tertentu.
Tujuan Penelitian : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Pola Asuh Orang Tua
Dengan Perkembangan Emosional Anak Sekolah (10 - 12 Tahun) di SDN Karang Satria 02 2023.
Metode Penelitian : Penelitian ini jenis penelitian kuantitatif dengan cross sectional. Populasi
adalah Siswa/I kelas 4, 5 dan 6 SDN Karang Satria 02 Kabupaten Bekasi berjumlah 194 siswa/i.
Teknik pengambilan data dengan menggunakan stratified random sampling.
Hasil Penelitian : Analisis Secara bivariat dengan menggunakan uji statistik chi-square diperoleh
nilai P-value 0,014 < 0,05. Hal ini menujukan bahwa H0 ditolak terdapat hubungan yang signifikan
antara Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emosional Anak Sekolah (10-12 Tahun) Di
SDN Karang Satria 02 2023.
Kesimpulan : Ada hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Emosional Anak
Sekolah (10-12 Tahun) Di SDN Karang Satria 02 2023.