Abstract:
Latar Belakang : kecerdasan emosional pada remaja adalah bahwa fungsi keluarga yang baik
dalam aspek pendidikan dapat berkontribusi pada peningkatan kecerdasan emosional remaja. Hal
ini didukung oleh beberapa penelitian yang telah dilakukan.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui distribusi frekuensi fungsi keluarga aspek
pendidikan remaja di SMPIT ATTAQWA PUSAT.
Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan observasional analitik dengan rancangan
penelitian cross sectional .Teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti adalah Nonn
probability sampling dengan jenis purposive sampling dengan jenis purposive sampling dengan
jumlah populasi 208 dengan sampel 40 responden yang sesuai dengan menggunakan kuesioner
digital dan dilakukan uji statistic menggunakan Chi Square Test.
Hasil Penelitian : dari hasil pengolahan data dengan menggunakan SPSS didapatkan hasil uji
statistic Chi Square Test yaitu diperoleh nilai signifikasi ( 0,000)< nilai a (0,05),hal ini menunjukkan
HO ditolak .Dengan demikian ‘’terdapat hubungan signifikan antara fungsi keluarga aspek
pendidikan dengan tingkat kecerdasan emosional pada remaja di SMPIT ATTAQWA PUSAT
Bekasi Utara Tahun 2024.
Kesimpulan : Dapat Hubungan yang signifikan antara fungsi keluarga aspek pendidikan dengan
tingkat kecerdasan emosional pada remaja di SMPIT ATTAQWA PUSAT Bekasi Utara Tahun
2024.