Abstract:
Hubungan Tingkat Kecemasan Pada Murid Kelas 4-6 Sekolah Dasar (SD) Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Dimasa Pandemik Covid-19 Di SDN Telukjaya I Tahun 2021
Pada awal tahun 2020, dunia dikejutkan dengan mewabahnya virus baru yang berasal dari Wuhan China, yang kemudian menyebar dengan cepat ke seluruh negara yang ada di dunia terutama Indonesia wabah ini diberi nama COVID-19. Dengan adanya virus COVID-19 di Indonesia saat ini berdampak bagi seluruh bidang kehidupan khususnya pada bidang pendidikan. sehingga membuat pemerintah melakukan tindakan dengan memberlakukan pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh saat ini dijadikan solusi dalam masa pandemik COVID-19 tapi pembelajaran jarak jauh tidak mudah seperti yang dibayangkan, dalam pembelajaran jarak jauh/daring menggunakan media aplikasi zoom salah satunya untuk melakukan pertemuan/ tatap muka selayaknya dikelas. Tetapi tidak semua anak bisa akses karena kendala jaringan atau gagap teknologi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi hubungan tingkat kecemasan pada murid kelas 4-6 sekolah dasar terhadap pembelajaran jarak jauh dimasa pandemik Covid-19 di SDN Telukajaya I.Metode penelitian dilakukan peneliti bersifat kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan observasional deskriptif dengan rancangan peneliti Cross Sectional. Hasil dari penelitian ini berdasarkan hasil uji statistic Chi-square diperoleh p value sebesar 0.00 dapat disimpulkan p value (0.00) < (0.05), hal ini menunjukan baha H0 ditolak. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat Hubungan Tingkat Kecemasan Pada Murid Kelas 4-6 Sekolah Dasar (SD) Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemik Covid-19 Di SDN Telukjaya I Tahun 2021