Abstract:
Pengetahuan ibu merupakan hal yang sangat penting untuk terbentuknya perilaku ibu. Tinggi atau rendah nya pengetahuan ibu tentang toilet training juga berhubungan dengan terpaparnya ibu oleh informasi. Dalam melakukan toilet training dibutuhkan metode yang tepat sehingga mudah dimengerti oleh anak.
Tujuan penelitian : Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu dengan keberhasilan penerapan toilet training pada anak usia Toddler di Tk ABA.
Metode penelitian : Metode penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh atau sampel total. Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dengan jumlah 47 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis secara bivariate dengan menggunakan uji chi square.
Hasil penelitian : Hasil analisis bivariate menunjukan terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan ibu dengan keberhasilan penerapan toilet training pada anak usia Toddler di Tk ABA dengan hasil chi square di peroleh nilai p value = 0.000 < 0,05. Mayoritas responden berpengetahuan baik sebanyak 20 orang responden (42,6 %) dan responden yang memiliki keberhasilan toilet training baik yaitu sebanyak 29 responden (61,7 %).
Kesimpulan : Hasil analisa penelitian bahwa menunjukkan adanya Hubungan pengetahuan ibu tentang toilet training dengan keberhasilan penerapan toilet training pada anak usia toddler di Tk ABA Desa Sukabakti Kecamatan Palas. Dari hasil kuisioner saat melakukan penelitian dapat dilihat bahwa rata-rata ibu mempunyai pengetahuan yang baik dengan keberhasilan penerapan toilet training yang baik.